=>Komunikasi : adalah pemindahan pikiran atau pendapat secara timbal balik.

=>Unsur komunikasi :

  1. Orang yang menerima
  2. Orang yang memberi
  3. Isi

=>Komunikasi massa : pesan yang disampaikan kepada orang banyak.

Kapan komunikasi efektif ????

Apabila penerima mengerti pesan yang disampaikan. Dan sebaliknya……

=>Lima (5) hal membuat komunikasi menjadi efektif :

  1. Membuat suasana menjadi rileks.
  2. Penerima mendengarkan dengan baik.
  3. Pesan yang jelas dan tepat.
  4. Ada kepastian pesan tersebut telah dimengerti.
  5. Ada penjelasan ulang bila diperlukan.

=>Pelaksanaan komunikasi efektif :

  1. Ciptakan suasana yang menyenangkan, jaga agar tidak terjadi gangguan, ciptakan suasana kebersamaan.
  2. Ciptakan suasana penuh perhatian, perhatikan setiap kata yang disampaikan.
  3. Berikan pesan yang jelas dan tepat, penguasaan materi diskusi dengan orang lain, pelajari pesan yang akan disampaikan catat poin-poin penting tetapkan pokok ide dan gunakan istilah yang dimengerti serta gunakan bahasa yang sederhana.
  4. Pelajari apakah pesan tersebut dpt dimengerti atau tidak, perhatikan raut wajah audience (pendengar), ada umpan balik berikan kesempatan untuk menanggapi, jika terjadi miss comunication lakukan   pengulangan.

=>Kiat menjadi audience yang baik :

  1. Hindari evaluasi dini.
  2. Hindari pemberian bumbu pd pembicaraan orang lain, seperti celetuk-celetukan dan lain-lain.
  3. Jangan campurkan pemikiran kita dengan pembicara.
  4. Batasi keinginan untuk melakukan interupsi.
  5. Hindari kecurigaan terhadap pembicaraan orang lain.
  6. Jangan perhatikan orangnya tapi perhatikan apa yang disampaikannya.
  7. Jangan munafik dengan diri sendiri.
  8. Jaga sikap agar tidak mengganggu pembicara.